You Are Reading

0

ILMU BUDAYA DASAR

davit sasmita Sabtu, 23 Oktober 2010

Ilmu dalam arti luas merupakan usaha untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam pemikiran manusia itu sendiri.

Budaya dalam arti luas adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi secara turun menurun yang dianggap warisan dari nenek moyang.

Sedangkan Ilmu budaya dasar adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari pengetahuan dasar yang membahas tentang masalah – masalah manusia dan dasar – dasar kebudayaan.

Dalam Bahasa Inggris ilmu budaya dasar itu lebih dikenal dengan sebutan ’The Humanities’. Humanities itu dalam bahasa Latin dapat diartikan : Humnus artinya manusia, budaya, dan halus. Jadi dapat disimpulkan dengan mempelajari ilmu budaya dasar, diharapkan seseorang bisa lebih manusiawi, berbudaya, dan halus.

Tujuan IBD adalah:

  1. Membuat manusia peka terhadap lingkungan budaya. Maksudnya agar setiap manusia bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya.
  2. Membuat manusia berdaya pikir kritis dan memperluas wawasan terhadap masalah kemanusiaan dan budaya.
  3. Membuat manusia menjadi calon pemimpin yang berwawasan luas. Dalam arti manusia itu sendiri tidak bersifat kedaerahan atau pengkotakan disiplin yang ketat.
  4. Dibutuhkan sarana berkomunikasi agar mereka dapat dengan mudah dalam berkomunikasi antara 1 dengan lainnya.

0 komentar:

Poskan Komentar