You Are Reading

1

Kelebihan Dan Kekurangan Manfaat Teknologi Bagi Manusia

davit sasmita Rabu, 27 April 2011

Kelebihan Dan Kekurangan Manfaat Teknologi Bagi Manusia

Seiring dengan berkembangnnya jaman banyak sekali teknologi – teknologi canggih bermunculan. IPTEK tidak berhenti di suatu titik saja. Di era abad 20 seperti sekarang ini kemajuan IPTEK sungguh pesat sehingga manusia dapat hidup dan menjalani aktivitas sehari – harinya dengan mudah tidak terlepas dari kata IPTEK.

Pengaruh IPTEK bagi kehidupan manusia beraneka ragam namun intinya dapat mempermudahkan manusia dalam melakukan aktivitasnya. Sebagai contoh dulu untuk berkomunikasi jarak jauh itu sangat sulit. Manusia harus pergi ke tempat orang yang dituju atau mengirim surat melalui tukang pos atau merpati pos. Namun jaman sekarang kita tidak perlu susah – susah lagi mencari merpati pos atau kotak surat untuk mengirim surat untuk bersurat - suratan singkat dengan sesama karena sudah tercipta SMS. Selain Hemat waktu juga hemat biaya.

Untuk itu saya sebagai penulis akan membahas manfaat dan kekurangan sms bagi kehidupan manusia.

SMS

Sms mungkin itu adalah kata yang tidak asing lagi bagi kita yang hidup dijaman modern ini. Namun apakah kita tau apakah sms itu secara lebih detail?

SMS (Short Message Service) atau dalam bahasa indonesia layanan pesan singkat. Sebuah sms maksimal terdiri dari 140 bytes, (140 karakter 140 karakter 8-bit, 160 karakter 7-bit atau 70 karakter 16-bit untuk bahasa Jepang, bahasa Mandarin dan bahasa Korea yang memakai Hanzi (Aksara Kanji / Hanja)). Namun jika kita ingin menulis lebih dari 140 karakter, kita masi dapat mengirim pesan tetapi si pengguna harus membayar lebih dari sekali.

SMS juga bisa dalam bentuk gambar, suara, dan film. SMS type ini disebut MMS (Multimedia Massaging Service).

Kalau dulu manusia dalam mengirim surat harus menggunakan prangko atau merpati pos, tetapi dengan adanya sms ini makan manusia tidak lah perlu menggunakan prangko atau merpati pos tetapi cukup dengan handphone dan pulsa (provider tertentu tergantung pengguna menggunakan provider apa).

Sejarah SMS

Fungsi pertukaran teks untuk telepon selular pada awalnya diusulkan oleh komunitas layanan ponsel pada tahun 1980. Usulan tersebut dikembangkan oleh CEPT group GSM (Global System For Mobile Comunications) pada tahun 1982.

Pada tahun 1984, perusahaan GSM prancis bekerja sama dengan GSM jerman untuk mmengembangkan layanan pesan singkat, karena GSM pada saat itu berfungsi untuk menerima dan membuat panggilan suara saja.

SMS menggunakan jalur sinyal yang sedikit dikarenakan GSM awalnya hanya dirancang untuk menerima dan membuat panggilan saja, maka untuk mengoptimalkan akan kehadiran sms pada GSM maka jalur sinyal sms disediakan sedikit. Jadi jangan heran apabila sms hanya bisa berisikan 160 karakter saja.

Karena sangking pesatnya arus layanan yang mulai populer ini maka terciptalah sms center yang bertugaskan agar pertukaran sms dapat lancar bahkan dengan jenis operator dan ponsel yang berbeda.

Perkembangan SMS kemudian berlanjut dengan dibuatnya pengaturan tentang standar protokol kemudian dilanjutkan dengan pengaturan untuk jaringan pada tahun 1985-an yang pada awalnya hanya untuk di beberapa negara terutama kawasan Eropa. Dan untuk memastikan bahwa teknologi komunikasi ini benar-benar memenuhi standar, Implementasi dari konsep awal SMS kemudian dilakukan pada tahun 1990-an. Hasilnya, SMS pertama berhasil dikirim oleh jaringan SEMA group menggunakan PC ke handset Orbitel 901 dan diterima oleh jaringan GSM VODAVONE di Inggris (UK) pada 3 desember 1992. Percobaan selanjutnya adalah SMS pertama dari telepon seluler GSM untuk telepon selular lainnya berhasil dilakukan oleh Riku Pihkonen, seorang mahasiswa teknik di NOKIA pada tahun 1993. SMS kemudian berhasil untuk dikomersilkan dan kemudian berkembang pesat pada tahun 1993. Dimulai dari di Swedia oleh Aldicson dan TeliaSonera, dan kemudian diikuti oleh Fleet Call di US, Telenor di Norwegia dan BT celnet (sekarang O2) di Inggris (UK).

Manfaat positive SMS bagi kehidupan manusia

- Manusia tidak perlu membuang waktu dan biaya banyak untuk berkomunikasi antar sesama.

- Informasi dapat dengan mudah di dapat.

- Media dalam berjualan / berbisnis.

- Bisa sebagai media kampanye / mempromosikan seseorang.

- Humor.

- Alat untuk mengutarakan rasa cinta.

Manfaat negative SMS bagi kehidupan manusia

- GSM yang telah memiliki jumlah pengguna terbesar di dunia ini, diketahui memiliki beberapa kelemahan yaitu kelemahan terhadap masalah keamanan sistem. Kelemahan itu dikarenakan SMS menggunakan standard pengkodingan yang universal, SMS dibangun dengan system bahasa program yang sejenis dengan bahasa program hardware seperti computer dan ponsel dapat menerjemahkan semua data dalam frekuensi tertentu yang terbuka (di udara).

- SMS juga memiliki kelemahan lain yaitu SMS palsu (fake SMS) yang dapat dikirim melalui media komunikasi lain seperti internet. Hal ini memacu kekhawatiran pada ruang lingkup pribadi dimana SMS biasa digunakan untuk melakukan pertukaran pesan yang sifatnya rahasia.

- Walaupun biaya sms murah namun tetap ada saja pengguna yang harus membayar mahal dikarenakan beliau menggunakan sms untuk bergosip ria / memakai diluar batas sehingga membutuhkan tidak sedikit pulsa untuk berSMSan.

- Karena dapat memudahkan dalam bersosialisasi sehingga rasa kekerabatan yang biasanya face to face menjadi berkurang dikarenakan lebih murah sms dan simpel dibanding harus pergi ke tempat orang yang dituju.

Daftar pustaka :

http://id.wikipedia.org/wiki/Layanan_pesan_singkat

http://id.wikipedia.org/wiki/SMS

1 komentar:

kingkong mengatakan...

Thank's gan infonya !!!

usaha tanpa modal

Poskan Komentar