You Are Reading

0

Penerapan Ilmu Matematika Dalam Ilmu Psikologi

davit sasmita Jumat, 25 Februari 2011

Penerapan Ilmu Matematika Dalam Bidang Ilmu Psikologi

Seperti yang kita ketahui matematika berperan penting dalam ilmu psikologi. Padahal kedua ilmu ini membahas hal yang berbeda. Psikologi adalah ilmu yang membahas tentang pengamatan tingkah laku manusia dan hewan. Sedangkan matematika adalah ilmu yang membahas tentangan bilangan, hubungan antara bilangan, dan prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian masalah yang mengenai bilangan. ’Bagaimana cara matematika dan psikologi dapat saling berhubungan?’ Mungkin itu salah satu pertanyaan yang ada di benak anda. Untuk itu kali ini saya akan membahas tentang ’Penerapan Ilmu Matematika Dalam Bidang Ilmu Psikologi’.

Sudah banyak macam ilmu matematika yang dipakai dalam penerapan ilmu psikologi. Mungkin anda tidak menyadari secara langsung atau mungkin anda menyadari hal itu. Untuk itu saya akan menjelaskan sebagian dari sekian banyak ilmu matematika yang dipakai dalam ilmu psikologi. Mungkin anda tahu akan metode peluang dan metode statistika. Metode – metode ini merupakan sebagian dari metode matematika yang dipakai dalam ilmu psikologi. ’Bagaimanakah cara penerapan metode – metode tersebut?’ mungkin anda akan bertanya – tanya tentang itu kepada saya. Oleh sebab itu, saya akan membahas metode statistika dan metode peluang.

Statistika

Statistika dalam pengertian dasar adalah metode yang berkaitan dengan pengumpulan data dan penyajian gugusan data sehingga dapat memberikan informasi yang berguna. Statistika dibedakan menjadi 2 macam, yaitu : Statistika Deskriptif dan Statistika Inferensial.

Statistika Deskriptif : Penggambaran data secara numerik atau grafis untuk

mendapatkan gambaran secara sekilas sehingga mempermudah dalam pembacaan.

Statistika Inferensial : Pengambilan keputusan melalui analisis data, misalnya dengan

melakukan pengujian hipotesis, prediksi, dan sebagainya.

Metode statistika dapat diambil dengan dua cara yaitu : eksperimen dan survei.

Sebagai contoh kita dapat mengambil dari metode survei. Setelah mengumpulkan data di indonesia per-harinya, didapatkan kesimpulan bahwa setiap anak pemain game online pergi ke warnet bisa lebih dari 2 jam padahal seharusnya berdiam di depan komputer maksimal 1 jam dan perlu istirahat, tetapi ada anak yang bermain game online bisa lebih dari 4 jam dan itu masi dibatas wajar jika dilihat dari sisi para gamers. Secara ilmiah, statistika butuh analisis data agar kesimpulan yang di dapat lebih akurat

Fungsi dari ilmu statistika dalam ilmu psikologi diantaranya adalah :

  1. Motivator
  2. Perencanaan
  3. Evaluasi
  4. Sebagai alat bantu analisis data
  5. Perumusan data
  6. Membantu menghasilkan keputusan data.

Dalam statistik ada 3 hal yang perlu diketahui dan ada dalam statistik tersebut:

1. Data yang tersedia atau data historis

2. Kriteria keputusan

3. Ada keputusan

Contohnya : Dengan kita memakai ilmu statistika inferensial, setelah menganalisa para pegawai baru maka akan ada kesimpulan :

A. Pegawai berpotensi dan pengalaman kerja

B. Pegawai tidak berpotensi tidak ada pengalaman kerja

C. Pegawai berpotensi dan tidak ada pengalaman kerja

Padahal perusahaan tersebut sedang diambang krisis tetapi membutuhkan tenaga kerja baru yang berkualitas untuk meningkatkan kinekerja perusahaan tersebut.

Jadi keputusannya : diambil pegawai yang berpotensi dan tidak ada pengalaman kerja karena apa bila dilihat dari sisi gaji, pegawai yang seperti ini tidak perlu di gaji yang terlalu besar karena tidak ada pengalaman kerja.

Peluang

Peluang merupakan perbandingan banyaknya titik sampel kejadian yang diinginkan terhadap banyaknya ruang sampel kejadian tersebut.

P (A) = Banyak kejadian A / Banyaknya kejadian yang mungkin

Contohnya : peluang munculnya kartu as dalam 1 kardus kartu bridge

4 / 52 = 2 / 26 = 1 / 13

* / (perbandingan)

Jadi kesimpulannya adalah akan keluar 1 dari 13 jenis kartu yg bermata sama

Peluang sangat lah dibutuhkan dalam ilmu psikologi karena dengan kita mengetahui atau mempelajari metode peluang kita dapat mengetahui atau memprediksi hal apa yang akan terjadi sehingga kita dapat mengatasi problema dengan mudah karena sudah ada persiapan sebelumnya.

Daftar pusataka :

http://genius.smpn1-mgl.sch.id/file.php/1/ANIMASI/matematika/Teori%20Peluang/materi01.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Statistika_deskriptif

file:///D:/New%20Folder/Statistika.htm

http://matematikanet.blogspot.com/2009/01/teori-peluang.html

file:///D:/New%20Folder/manfaat-statistika-dalam-ilmu-psikologi.html

0 komentar:

Poskan Komentar