You Are Reading

5

Menganalisa Karakteristik Seseorang Dari Dunia Maya

davit sasmita Senin, 31 Oktober 2011

Selamat datang di Blog saya. Disini saya akan menganalisis karakteristik seseorang berdasar cara mengekspresikan diri orang tersebut di dunia maya. Cara yang paling mudah dan paling awal untuk mengetahui karakteristik seseorang adalah berkenalan dengan orang tersebut. Namun dengan berjalannya waktu dan kemajuan dalam bidang IPTEK maka berkenalan dengan seseorang tidak hanya melalui face to face tetapi bisa juga dengan cara melalui jejaring sosial. Melalui profil picture, coment post, info dan teman dapat diketahui karakteristik seseorang. Akan tetapi tidak semua yang ada dalam dunia maya itu asli karakteristik orang tersebut karena bisa saja yang dibuat itu adalah profil palsu.Profil Picture

Profil Picture

Profil picture adalah gambaran atau foto diri seseorang yang empunya account tersebut. Biasanya gambar atau foto bisa mengekspresikan karakteristik orang tersebut. Sebagai contoh :

Dari profil picture diatas, penulis menyimpulkan orang tersebut menyukai akan kartun animasi Upin dan Ipin. Tetapi bisa saja orang tersebut tidak percaya diri sehingga beliau tidak ingin menunjukan wajah aslinya sehingga diisi dengan gambar Upin dan Ipin.

Info

Info adalah data – data pribadi seseorang yang menjelaskan biografi orang tersebut. Ada beberapa user memiliki info yang panjang dan ada yang pendek atau sedikit. Biasanya yang panjang adalah tipe yang menganggap privasi bukanlah hal yang penting. Sedangkan yang memiliki info yang pendek atau sedikit menganggap privasi adalah hal yang penting.

Contoh :


Dari info di atas, penulis dapat menyimpulkan bahwa beliau tipe yang menjaga privasinya karena beliau hanya memberikan info yang sedikit sekali dan kurang detail.

Status Posting

Bentuk nyata dari sebuah pikiran adalah ungkapan lisan maupun tulisan. Biasanya para user cenderung membuats status yang di post berdasarkan pristiwa yang sedang dialaminya. Kecenderungan tersebut untuk menuliskan apapun yang dirasakannya bisa dilakukan secara terus – menerus atau beruntun. Biasanya orang yang selalu mengnge-post status yang dialami sesering mungkin, bisa berarti orang tersebut memiliki banyak waktu luang. Kalo sebaliknya jika orang jarang menge-post status bisa dikatakan orang tersebut takut atas penilaian atau komentar dari teman – temannya, atau bisa juga orang tersebut menjaga privasinya.

Contoh :



Dari post di atas, penulis dapat menyimpulkan bahawa orang tersebut adalah tipe pemberani dikarenakan orang tersebut berani terhadap lawan jenisnya dan tipe yang tidak ingin kaumnya (wanita) diremehkan atau dipandang sebelah mata.

Demikianlah isi blog kali ini. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Mohon maaf jika ada kata - kata yang kurang berkenan do hati. Terima kasih.

5 komentar:

Daniel Igarashi mengatakan...

nicee inpoh gan..
lanjutkan terus!!

davit sasmita mengatakan...

thanx bro..

ayuZone mengatakan...

keren bro.. :)

wili mengatakan...

Memang kdg kt dpt menilai karakyet seseorg dr profil picture yg mrk gunakan.nice share

psyche2nest mengatakan...

nice post masbro.. :)

Poskan Komentar