You Are Reading

0

PSIKOTERAPI

davit sasmita Kamis, 14 Maret 2013


Pengertian Psikoterapi
            Psikoterapi terdiri dari 2 kata yaitu Psyche dan  Therapy yang dalam bahasa Yunani yang berarti psyche adalah jiwa dan therapy adalah mengasuh jadi dapat disimpulkan psikoterapi adalah perawatan terhadap aspek kejiwaan. Psychotherapeutic diartikan sebagai perawatan terhadap suatu penyakit dengan mempergunakan teknik psikologis untuk melakukan intervensi psikis. Jadi dapat disimpulkan psikoterapi adalah perawatan dengan melakukan pendekatan psikologis terhadap pasien yang mengalami gangguan psikis.

Tujuan Psikoterapi
            Berikut saya akan menjelaskan beberapa tujuan dari psikoterapi berdasarkan dari beberapa ahli:
-          Tujuan psikoterapi dengan pendekatan psikodinamika menurut Ivey adalah membuat sesuatu yang tidak sadar menjadi sesuatu yang disadari.
-          Corey menjelakan bahwa tujuan psikoterapi adalah dengan melakukan pendekatan terpusat pada peribadi bertujuan untuk memberikan suasana aman, bebas, agar klien dapaet mengeksplorasi diri sehingga dia bisa mengenali hal - hal yang mencegah pertumbuhannya dan bisa mengalami aspek – aspek pada dirinya yang sebelumnya tertolak / terhambat.
-          Wohlberg menjelaskan tujuan utama psikoterapi adalah perawatan terhadap masalah emosi, dimana seseorang yang terlatih, membentuk hubungan profesional dengan pasien dengan tujuan meningkatkan perkembangan positif dari kepribadiannya.
-          S. Naryana Rao menjelaskan tujuan psikoterapi adalah mengatasi kelemahan tertentu melalui beberapa cara praktis mencakup pembedahan psikis dan pembedahan otak.

Unsur Psikoterapi
            Menurut Masserman terdapat 8 unsur yang mempengaruhi psikoterapi. Kedelapan unsur tersebut adalah :
-          Peran social ( martabat )
-          Hubungan
-          Hak
-          Retrospeksi
-          Reduksi
-          Rehabilitasi
-          Resosialisasi
-          Rekapitulasi

 Perbedaan Psikoterapi dengan konseling
Psikoterapi dan konseling adalah sesuatu yang berbeda tetapi memiliki persamaan, mereka memiliki persamaan dalam menenkankan eksplorasi diri, pemahaman diri, dan perubahan perilaku. Tetapi mereka juga memiliki perbedaan. Diantaranya adalah :
-          Konseling lebih berfokus pada konseren, masalah, pengembangan. Sedangkan psikoterapi  konseren, masalah pengobatan.
-          Konseling dijalankan berdsasarkan pandangan terhadap manusia. Sedangkan psikoterapi berdsarkan ilmu atau teori kepribadian dan psikopatologis.

Pendekatan Psikoterapi terhadap mental Illnes.
Ada 5 pendekatan metode psikologi yang bisa digunakan terapi dalam ilmu psikoterapi. Yaitu :
-          Psikoanalisis dan Psikodinamika
Melakukan pendekatan dengan mengetahui permasalahannya di alam bawah sadar si klien. Tujuannya agar si pasien dapat menemukan penyebab masalahnya di alam bawah sadar dan mencari solusi yang terbaik. Metode psikoterapi yang termasuk dalam psikodinamika diantaranya adalah ego state therapy, part therapy, free association dan lain – lain.
-          Behavior Therapy
Pendekatan yang berfokus pada hokum pembelajaran, yang dimana perilaku seseorang dipengaruhi oleh proses belajar. Intinya adalah manusia bertindak secara otomatis karena membentuk asosiasi. Sebagai contoh seseorang fobia tikus, perilaku ini jika ditelusuri lebih dalam disebabkan ketika subjek masih kecil sering melihat orang lain ketakutan jika bertemu tikus jadi perilaku takut akan tikus terbawa oleh subjek.
-          Terapi Kognitif
Pendekatan yang berfokus pada perilaku manusia yang dipengaruhi oleh pikirannya. Tujuannya adalah mengubah pola piker dengan cara meningkatkan kesadaran rasional. Metode psikoterapi yang termasuk dalam kognitif diantaranya adalah Rational emotive therapy, Cognitive analytic therapy, Guided discovery dan lain – lain.
-          Terapi Humanistic
Pendekatan yang menjelaskan bahwa manusia itu memiliki kepribadian yang unik sehingga bisa dibilang manusia itu sendiri bisa menyelesaikan masalahnya karena tiap manusia memiliki kebebasan dalam menentukan pilihan hidupnya. Psikoterapi dalam terapi humanistic lebih cenderung pada memunculkan kesadaran klien untuk melakukan perubahan dalam dirinya. Metode psikoterapi yang termasuk dalam humanistic adalah gestalt, sensitivity training, existential psychotherapy dan lain – lain.
-          Integrative Therapy
Gabungan dari beberapa terapi karena klien tidak bisa ditolong dengan 1 terapi.

Bentuk Utama Psikoterapi
Menurut Atkinson terdapat 6 teknik utama psikoterapi. Yaitu :
-          Teknik Psikoanalisa
-          Teknik Terapi Perilaku
-          Teknik Terapi Kognitif Perilaku
-          Teknik Terapi Humanistik
-          Teknik Terapi Elektik
-          Teknik Terapi Keluarga



Gunarsa, S.D. (2007). Konseling dan Psikoterapi. Jakarta : Gunung Mulia.
Tomb D.A (2004).Psikiatri. EGC

0 komentar:

Poskan Komentar