You Are Reading

0

Pengaruh Teknologi dalam Dunia Psikologi

davit sasmita Kamis, 29 Desember 2011

Mungkin kita tidak asing lagi dengan kata ‘ Teknologi ’. Seperti yang kita ketahui perkembangan IPTEK akhir – akhir ini berkembang dengan pesat. Teknologi mempengaruhi segala bidang baik itu bidang pendidikan, informasi dan lain – lain. Pengertian Teknologi itu sendiri adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan atau dapat pula diterjemahkan sebagai keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yg diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Ada juga yang mengatakan teknologi adalah perkembangan suatu media / alat yang dapat digunakan dengan lebih efisien guna memproses serta mengendalikan suatu masalah.

Sekarang saya akan membahas pengaruh teknologi dalam dunia psikologi. Teknologi pendidikan memegang peranan penting, setelah berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi.Pemanfaatan perkembangan akan kemajuan Teknologi informasi seperti komputer memberikan trobosan dalam dunia pendidikan. Tidak heran kalo kemajuan ini berdampak juga pada psikologi pendidikan dalam proses pembelajaran. Dalam http://www.cognitivetechnologyjournal.com/ menjelaskan bahwa teknologi kognitif memiliki misi. Misi tersebut menjelaskan bahwa sebagai wadah untuk menyediakan forum untuk menganalisis perkembangan ilmiah baru yang dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif atau daerah penelitian dan perkembangan yang berkisar dari persepsi, memori, pemahaman, pengambilan keputusan, pemecahan masalah, dan penalaran. Manfaat dari teknologi kognisi adalah berusaha menjadi seorang yang berwibawa dalam penelitian dan perkembangan yang dinamis menghadapi perimpangan kognisi dan teknologi.

Telah ada pertumbuhan Kognisi dan Teknologi yang luar biasa. Diantaranya :

1. Penelitian desain dan menguji alat bantu kognitif

2. Pengujian prosedur memori untuk meningkatkan mengingat atau penelitian pada pemecahan masalah, strategi yang meningkatkan generasi solusi

3. Penelitian kinerja manusia dan faktor manusianya

4. Penelitian baru dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan

5. Penelitian di model kognitif dan robotika kognitif

6. Pengujian sistem pemodelan dan stimulasi mendukung pembelajaran

7. Dll.

Untuk memahami secara lebih mendalam, dapat mempelajari dalam jurnal yang berjudul ‘ The Journal’s mission ‘ yang dapat diakses melalui http://tcp.sagepub.com/content/14/4/567.abstract

Semoga informasi tersebut bermafaat bagi para pembaca sekalian. Mohon maaf sebesar – besarnya jika ada salah kata atau kemiripan dalam pengetikan. sekian dan terima kasih.

Daftar pustaka :

http://www.cognitivetechnologyjournal.com/

http://tcp.sagepub.com/content/14/4/567.abstract

http://ajengfebriyanti27.blogspot.com/2011/12/pengaruh-teknologi-dalam-dunia.html

http://justseenthink.blogspot.com/2011/03/pengaruh-teknologi-informasi-dalam.html

0 komentar:

Poskan Komentar