You Are Reading

0

Tips Sehat Bermain Game

davit sasmita Kamis, 05 April 2012

Selamat datang di blog saya. Kali ini saya akan memberikan tips sehat untuk para gamers sejati. Seperti yang kita ketahui game sudah tidak asing lageh di telinga kita, hampir semua kalangan bermain game baik yang muda maupun yang tua. Tapi bermain game yang terlalu lama itu tidak baik untuk kesehatan. Mata akan berkunang 0 kunang dan pusing setelah bermain game dalam jangka waktu yang lama. Tentu para gamers tidak ingin hal tersebut terjadi. Oleh sebab itu ada tips – tips sehat dalam bermain game khususnya game yang memaksa kita untuk menatap layar kaca secara terus menerus.

Tips tersebut adalah :

  1. Waktu Ideal Bermain

Jangan bermain game terlalu lama. Kita tahu segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik ap lageh sampai begadang demi bermain game. Jadi usahakan maximal bermain game cukup 2 jam setelah itu diwajibkan untuk istirahat min 15 menit dengan melihat objek – objek yang fresh dan berwarna hijau seperti pohon tumbuhan.

  1. Jarak Pandang

Mungkin karena terlalu seru bermain kita lupa akan yang 1 ini. Jarak pandang itu penting dalam bermain game. Tidak mau kahn gara – gara bermain game kita jadi harus berurusan dengan mata minus. Oleh karena itu kita harus memperhatikan jarak pandang kita. Minimal 30 cm dari layar komputer dan usahakan chaya yang di atur tidak terlalu terang.

  1. Ingat Kewajiban Lain

Yang 1 ini pasti banyak para gamers yang melanggar. Karena keasikan bermain jadi lupa segalanya. Inget loh kalo kita masi memiliki kewajiban lain yang lebih penting ketimbang me-refresh otak terus dengan game. Jangan jadi alesan kewajiban kita terbengkalai gara – gara game.

  1. Jangan Boros

Nah kalo yang ini biasanya hinggap di gamers sejati. Mereka rela menghabiskan banyak uang demi hoby mereka yakni game. Jangan sia – siakan uang anda. Lebih baik di tabung ketimbang di buang – buang buat beli vocer atau item yang gunanya hanya di game semata. Dari pada beli vocer buat beli item tidak jelas mending beli vocer buat telpunan sama pacar hehehehehehe.. :p

  1. Jangan Main Game Sendirian

Nah ini penting banget. Perlu orang lain bermain bersama biar lebih seru karena ada interaksi dan sosialisasi. Tidak mau kahn kita dibilang autis karena keasikan sendiri dengan game yang sedang kita mainkan. Apa lagi kalo orang tua kita super duper bawel marah – marah terus kerjaanya, mending ajak aja bermain bersama siapa tau tambah seru. (Awas Playstationnya ntar disabotase orang tua karena sudah tercemar virus game…!!!)

  1. Jangan Bermain Game Yang Memicu Emosi

Tujuan kita bermain kan untuk mencari kesenangan jadi buat apa cari game yang memancing emosi? Sudah stress jangan bikin tambah stress dan emosi lagi ntar jadinya malah tambah kronis. Masi banyak loh kaset game yang tidak memancing emosi contohnya Harvestmoon, Ayo dance dan lain – lain. Tujuannya agar jangan gara – gara kita terpancing emosi console game qta juga kena imbasnya kan sayang ud beli mahal – mahal tau – tau alamat nangkring di pojokan gara – gara rusak :( .

  1. Cari Game Yang Bermanfaat

Nah kalo yang ini ibarat sambil nyelem minum aer. Cari game jangan yang asal – asalan aja tapi yang mendidik juga dong. Banyak loh game yang kita kira hanya game yang gitu – gitu aja padahal gunanya mantep banget. Contohnya Tetris, penelitian mengatakan bermain tetris bisa mengurangi kenangan buruk dan bisa tingkatkan efisiensi otak. Makanya cari game jangan asal – asalan jangan cuman sebagai alat buang waktu saja. Cari yang seru yang bisa bikin stress hilang tapi bermanfaat juga buat hal yang lain.

Demikian lah isi blog saya kali ini semoga bermanfaat untuk para gamers sejati.. Salam Gamers :)

Daftar pustaka :

http://onthespot7langka.blogspot.com/2012/04/7-tips-sehat-main-game.html

0 komentar:

Poskan Komentar