You Are Reading

0

Manusia dan Keadilan

davit sasmita Sabtu, 27 November 2010

Manusia dan Keadilan

Selama manusia masi bernafas manusia pasti akan menuntut keadilan. Kali ini saya akan membahas keadilan. Keadilan itu berasal dari kata adil. menurut saya keadilan itu adalah sesuatu yang berarti jujur, tidak berat sebelah, tidak pilih kasih, sesuai dengan haknya dan sesuai sebagai mana mestinya.

Diamanapun manusia berada, manusia membutuhkan sebuah keadilan untuk mendapatkan haknya. Terkadang dengan tidak adanya keadilan maka hak mausia sedikit berkurang karena sesuatu hal yang terjadi tidak sesuai dengan sebagai mana mestinya. Bahkan di dalam pancasila juga mengatakan tentang keadilan. Contoh pancasila ayat 2 dan 5 disitu memperjelas tentang keadilan. Ayat 2 mengatakan ’Kemanusiaan yang adil dan beradab.’ Dan ayat 5 mengatakan ’Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.’ Disini menjelaskan bahwa keadilan itu sangat penting bahkan dalam kehidupan bernegara saja dibutuhkan rasa keadilan. Jangan kahn kehidupan bernegara, kehidupan dalam berumah tangga saja dibutuhkan keadilan. Contohnya kasih sayang orang tua terhadap anak – anaknya. Tidak mungkin orang tua memberikan kasih sayang secara pilih kasih, anak – anak pasti akan ingin merasakan kasih sayang yang sama seperti saudara – saudaranya. Jadi keadilan itu sudah ada dan sudah tertanam sejak manusia lahir.

Manusia sering kali melakukan kecurangan atau sering melakukan ketidak adilan. Padahal keadilan itu perlu untuk mendidik atau membuat moral manusia menjadi orang yang jujur, tidak curang dan bersikap tidak pilih kasih. Manusia bisa bertindak ketidak adilan biasanya dikarenakan berbagai macam faktor, diantaranya adalah : faktor ekonomi, kebiasaan, teknis, dan sebagainya.

0 komentar:

Poskan Komentar