You Are Reading

0

Manusia dan Tanggung Jawab

davit sasmita Sabtu, 27 November 2010

Manusia dan Tanggung Jawab

Sebagai makhluk sosial yang memiliki akal budi dan berbudaya atau beradab, manusia harus memiliki rasa tanggung jawab dikarenakan akibat baik dan buruk yang telah diperbuatnya dan menyadari bahwa orang lain memerlukan tanggung jawab n pengorbanannya. Pada dasarnya tiap manusia perlu menanamkan rasa akan tanggung jawab dikarenakan rasa tanggung jawab adalah rasa dimana kita menyadari dan berani beratnggung jawab atau menanggung resiko yang telah kita perbuat baik sengaja maupun tidak sengaja.

Dalam kamus besar bahasa indonesia, tanggung jawab itu dapat diartikan sebagai keadaan wajib menanggung sesagala sesuatunya. Jadi dapat disimpulakn tanggung jawab adalah suatu kewajiban untuk menanggung segala sesuatu atau memberikan sebuah jawaban dan menanggung atas smwa resiko yang telah diperbuatnya.

Setiap manusia memikul rasa tanggung jawab sejak mereka bisa hidup bersosialisasi dengan sesama. Contohnya seorang siswa memiliki rasa tanggung jawab untuk belajar. Rasa tanggung jawab dapat timbul karena manusia hidup bermasyarakat. Dengan hidup bermasyarakat manusia jadi tidak bisa berbuat sesuka hatinya karena segala sesuatunya mesti dipertanggung jawabkan. Tanggung jawab bersifat kodrat maksudnya setiap manusia memiliki tanggung jawab masing – masing. Seperti pepatah mengatakan berani berbuat berani bertanggung jawab jadi segala sesuatu yg kita perbuat baik sengaja ataupun tidak sengaja itu musti ada pertanggung jawabannya.

tanggung jawab banyak jenisnya. Diantaranya adalah :

- Tanggung jawab terhadap sesama

- Tanggung jawab terhadap TUHAN

- Tanggung jawab terhadap diri sendiri.

- Tanggung jawab terhadap keluarga

Jika ada rasa tanggung jawab maka akan timbul lah didalamnya rasa pengabdian, pengorbanan, cinta kasih, dan rasa peduli akan sesama.

0 komentar:

Poskan Komentar