You Are Reading

0

Manusia dan Penderitaan

davit sasmita Sabtu, 27 November 2010

Manusia dan Penderitaan

Kenapa seh ada penderitaan? Mungkin itu adalah pertanyaan klasik yang sering kita dengar atau mungkin kita ucapkan sendiri. Perlu kita sadari, manusia hidup di dunia ini hanya untuk merasakan 2 hal yaitu kebahagiaan dan penderitaan. Kebahagiaan dan penderitaan merupakan hal yang bertolak belakang. Kebahagiaan adalah sesuatu hal yang enak, menyenangkan dan tidak membuat kita susah. Sedangkan penderitaan adalah sesuatu hal yang tidak enak, tidak menyenangkan, dan menyusahkan.

Perlu kita ketahui kedua hal ini sangat dibutuhkan dalam hidup manusia. Untuk mendapatkan kebahagiaan kita harus mengalami penderitaan atau sebaliknya untuk mendapatkan penderitaan kita harus mengalami kebahagiaan.

Penderitaan itu bisa berasal dari manusia sendiri atau dari TUHAN. Penderitaan yang berasal dari manusia bisa dikarenakan : kecerobohan manusia, perbuatan buruk manusia, dan salah peritungan dari manusia itu sendiri atau pun bisa juga dari sisi luar yang sengaja untuk menjatuhkan agar orang tersebut menderita. Kalo penderitaan yang berasal dari TUHAN adalah : azab TUHAN, dan cobaan dari TUHAN.

Penderitaan juga memberikan dampak yang positive dan negative.

Dampak positive dari penderitaan adalah :

  1. menghasilakan rasa optimisme
  2. manusia bisa lebih menghargai akan apa yang ada

Dampak negative dari penderitaan adalah :

  1. timbul rasa pesimis
  2. rasa kecewa
  3. penyesalan

seperti peri bahasa yang mengatakan seperti roda yang akan terus berputar maksudnya hidup kita sama seperti roda yang berputar, kadang di atas dan kadang di bawah.

Selama kita masi di atas atau dalam masa kebahagiaan jangan lah kita lupa akan yang di bawah. Sebaliknya jika kita dalam masa penderitaan atau di bawah maka ingat lah suatu saat nanti engkau akan berada di atas merasakan akan kebahagiaan.

Semua itu dibutuhkan agar hidup manusia penuh dengan warna, menghargai apa yang ada, dan membentuk manusia untuk lebih dewasa.

0 komentar:

Poskan Komentar