0

Tips Sehat Bermain Game

davit sasmita Kamis, 05 April 2012

Selamat datang di blog saya. Kali ini saya akan memberikan tips sehat untuk para gamers sejati. Seperti yang kita ketahui game sudah tidak asing lageh di telinga kita, hampir semua kalangan bermain game baik yang muda maupun yang tua. Tapi bermain game yang terlalu lama itu tidak baik untuk kesehatan. Mata akan berkunang 0 kunang dan pusing setelah bermain game dalam jangka waktu yang lama. Tentu para gamers tidak ingin hal tersebut terjadi. Oleh sebab itu ada tips – tips sehat dalam bermain game khususnya game yang memaksa kita untuk menatap layar kaca secara terus menerus.

Tips tersebut adalah :

  1. Waktu Ideal Bermain

Jangan bermain game terlalu lama. Kita tahu segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik ap lageh sampai begadang demi bermain game. Jadi usahakan maximal bermain game cukup 2 jam setelah itu diwajibkan untuk istirahat min 15 menit dengan melihat objek – objek yang fresh dan berwarna hijau seperti pohon tumbuhan.

  1. Jarak Pandang

Mungkin karena terlalu seru bermain kita lupa akan yang 1 ini. Jarak pandang itu penting dalam bermain game. Tidak mau kahn gara – gara bermain game kita jadi harus berurusan dengan mata minus. Oleh karena itu kita harus memperhatikan jarak pandang kita. Minimal 30 cm dari layar komputer dan usahakan chaya yang di atur tidak terlalu terang.

  1. Ingat Kewajiban Lain

Yang 1 ini pasti banyak para gamers yang melanggar. Karena keasikan bermain jadi lupa segalanya. Inget loh kalo kita masi memiliki kewajiban lain yang lebih penting ketimbang me-refresh otak terus dengan game. Jangan jadi alesan kewajiban kita terbengkalai gara – gara game.

  1. Jangan Boros

Nah kalo yang ini biasanya hinggap di gamers sejati. Mereka rela menghabiskan banyak uang demi hoby mereka yakni game. Jangan sia – siakan uang anda. Lebih baik di tabung ketimbang di buang – buang buat beli vocer atau item yang gunanya hanya di game semata. Dari pada beli vocer buat beli item tidak jelas mending beli vocer buat telpunan sama pacar hehehehehehe.. :p

  1. Jangan Main Game Sendirian

Nah ini penting banget. Perlu orang lain bermain bersama biar lebih seru karena ada interaksi dan sosialisasi. Tidak mau kahn kita dibilang autis karena keasikan sendiri dengan game yang sedang kita mainkan. Apa lagi kalo orang tua kita super duper bawel marah – marah terus kerjaanya, mending ajak aja bermain bersama siapa tau tambah seru. (Awas Playstationnya ntar disabotase orang tua karena sudah tercemar virus game…!!!)

  1. Jangan Bermain Game Yang Memicu Emosi

Tujuan kita bermain kan untuk mencari kesenangan jadi buat apa cari game yang memancing emosi? Sudah stress jangan bikin tambah stress dan emosi lagi ntar jadinya malah tambah kronis. Masi banyak loh kaset game yang tidak memancing emosi contohnya Harvestmoon, Ayo dance dan lain – lain. Tujuannya agar jangan gara – gara kita terpancing emosi console game qta juga kena imbasnya kan sayang ud beli mahal – mahal tau – tau alamat nangkring di pojokan gara – gara rusak :( .

  1. Cari Game Yang Bermanfaat

Nah kalo yang ini ibarat sambil nyelem minum aer. Cari game jangan yang asal – asalan aja tapi yang mendidik juga dong. Banyak loh game yang kita kira hanya game yang gitu – gitu aja padahal gunanya mantep banget. Contohnya Tetris, penelitian mengatakan bermain tetris bisa mengurangi kenangan buruk dan bisa tingkatkan efisiensi otak. Makanya cari game jangan asal – asalan jangan cuman sebagai alat buang waktu saja. Cari yang seru yang bisa bikin stress hilang tapi bermanfaat juga buat hal yang lain.

Demikian lah isi blog saya kali ini semoga bermanfaat untuk para gamers sejati.. Salam Gamers :)

Daftar pustaka :

http://onthespot7langka.blogspot.com/2012/04/7-tips-sehat-main-game.html

1

Kepribadian yang Berkembang Menurut Beberapa Ahli

davit sasmita Kamis, 22 Maret 2012

TULISAN

Teori Psikoanalisis Menurut Sigmund Freud

Menurut psikoanalisis Sigmund Freud perkembangan kepribadian seseorang dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu:

1. Id.

Keinginin yang selalu ingin dipuaskan. Lebih cenderung kepada hawa nafsu.

2. Ego.

Menyaring dan memenuhi kebutuhan Id berasalkan hal yang realistis.

3. Super Ego.

Berfungsi sebagai penilaian benar / salah atas tindakan yang telah dilakukan.

Adapun Sigmund Freud menjelaskan tentang mekanisme pertahanan yaitu: Represi, Reaction Formation, Projection, Displacement Rationalisation, Supression, Sublimation, Compensation, Regression.

Fase Perkembangan Sigmund Freud dibagi menjadi 5 Tahap yaitu :

1. Oral.

Fase ini terjadi pada anak berusia 0 – 1tahun. Pada fase ini seseorang lebih mendapatkan kenikmatan pada area mulutnya.

2. Anal

Fase ini terjadi pada anak berusia 1- 3 tahun. Pada fase ini seseorang lebih mendapatkan kenikmatan pada area anus /duburnya.

3. Falik

Fase ini terjadi pada anak berusia 3- 5 tahun. Pada fase ini seseorang lebih mendapatkan kenikmatan pada alat kelaminnya.

4. Laten

Fase ini terjadi pada anak berusia 5 – 12 tahun. Pada faseini seseorang sedang mengembangkan motorik dan kognitifnya.

5. Genital

Fase ini terjadi di>12 tahun dimana seseorang mendapat kepuasan pada alat kelaminnya.

Dari keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa seseorang dinyatakan berkembang dengan baik berdasarkan teori Sigmund Freud jika memiliki / mengalami 5 fase tersebut dan jika tidak mengalami ke 5 fase tersebut seseorang bisa dikatakan mengalami gangguan.

Teori Psikoanalitik Menurut Erik Erickson

Berbeda dengan Freud yang menjelaskan bahwa tahap perkembangan seseorang dibagi menjadi 5 tahap, sedangkan Erickson menjaslkan bahwa perkembangan seseorang dipengaruhi oleh 8 tahap yaitu :

1. (Kepercayaan vs Kecurigaan)

Terjadi pada umur 0 – 1 tahun dimana anak menaruh kepercayaan pada orang yang dekat dan sering ditemuinya. Melakukan kecurigaan pada sesuatu yang asing baginya.

2. (Malu- malu vs Keraguan)

Terjadi pada umur 2 - 3 tahun dimana anak dapat melakukan sesuatu kegiatan yang dimana membutuhkan akan keberanian.

3. (Inisiatif vs Kesalahan)

Terjadi pada umur 3 - 6 tahun dimana anak memiliki perasaan untuk melakukan sesuatu, jika tidak didasari oleh suport yang cukup bisa menyebabkan rasa takut akan kesalahan.

4. (Kerajinan vs Inferioritas)

Terjadi pada umur 6 – 11 tahun dimana umur tersebut sedang aktiv dalam kegiatan – kegiatan yang kompleks seperti bersekolah sehingga dibutuhkan kerajinan.

5. (Identitas vs Kekacauan Identitas)

Terjadi pada umur 10 – 12 tahun dimana seseorang sudah mulai mencari identitas jati dirinya untuk bisa menentukan mau dibawa kearah mana hidupnya kelak.

6. (Keintiman vs Isolasi)

Terjadi pada umur 21 – 40 tahun dimana seseorang mencari pasangan hidup untuk menjalin hubungan yang lebih intim.

7. (Generativitas vs Stagnasi)

Terjadi pada umur 41 – 65 tahun dimana seseorang mulai berpikir apa yang bisa dia lakukan untuk masyarakat (mengisi waktu kehidupannya).

8. (Integritas vs Keputusan)

Terjadi pada umur >65 tahun dimana seseorang melihat hasil yang sudah dia lakukan di masa lampau.

Kepribadian Sehat

Kepribadian yang sehat adalah kondisi dimana kita mengatur untukmenerima dan memberikan stimulus – stimulus yang positif.

Daftar Pustaka:

  1. Harlock, Elizabeth B. 1992.Psikologi Perkembangan.Jakarta.Erlangga
  2. Sarwono,S.W.2002.Berkenalan Dengan Aliran – aliran dan Tokoh Psikologi.Jakarta.Bulan Bintang
1

Kesehatan Mental

davit sasmita

Selamat datang di blog saya. Kali ini saya akan membahas tentang kesehatan mental. Mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda akan kesehatan mental. Jika ditanya apa yg ada di benak pikiran anda tentang kesehatan mental pasti jawabannya tidak jauh – jauh dari orang gila. memank orang gila termasuk dalam kesehatan mental tapi tidak hanya itu saja. Oleh sebab itu sekarang saya sebagai penulis akan membahas sedikit lebih dalam mengenai kesehatan mental.

Kesehatan mental bisa kita artikan sebagai “Ilmu yang memperhatikan perawatan mental atau jiwa”. Seperti yang kita ketahui biasanya penyakit mental tidak jauh – jauh dari manusia jadi penulis menyimpulkan objek utama yang di teliti dalam kesehatan mental adalah manusia. Pokok yang menjadi objek penelitian kesehatan mental adalah penyesuaian diri (adjustment) dan kesehatan mental (mental health). Kesehatan mental sering kali tidak terditeksi karena mereka dalam kehidupan sehari – hari sering hidup bersama sehingga tingkah laku yang mengidentifikasikan gangguan mental, dianggap hal yang biasa. Menurut Alexander Schneiders, “Ilmu Kesehatan Mental adalah ilmu yang berkembang danmenerapkan sprangkat prinsip yang praktis dan bertujuan untuk mencapai dan memelihara kesejahteraan psikologis organisme manusia dan mencegah gangguan mental serta ketidakmampuan untuk menyesuaikan diri”.

Konsep Sehat dan Dimensinya

Mungkin yang ada dalam benak pikir kita seseorang dikatakan sehat jika dia terbebas dari penyakit. Padahal WHO menjelaskan bahwa sehat itu keadaan utuh secara fisik, mental sosial dan spiritual. Kesehatan mental tidak hanya jiwa yang sehat berada dalam tubuh yang sehat, tetapi suatu keadaan yang berhubungan erat dengan eksistensi manusia. Seseorang dinyatakan sehat tidak hanya dilihat dari 1 sisi saja tetapi dari banyak dimensi. Dimensi sehat meliputi : Fisik, Emosi Intelektual, spiritual dan sosial.

Sejarah Kesehatan Mental

Bagi bidang kesehatan Barat dan timur, masing – masing memiliki pandangan akan kesehatan mental yang berbeda. Kesehatan barat lebih bersifat dualistik, dalam arti Tubuh manusia dapat didominasi oleh medis. Sedangkan kesehatan Timur lebih kepada holistik karena melihat kesehatan secara menyeluruh dan penanganan terhadap penyakit.

Pada Tahun < 1600 gangguan kesehatan mental dianggap bukan penyakit. Mereka mengira gangguan kesehatan mental disebabkan oleh roh jahat sehingga butuh bantuan dari dukun dengan kekuatan supranatural. Namun sebelum di abad ke 17 di Inggris orang yang mengalami gangguan kesehatan mental / orang gila bisa dimasukan ke dalam penjara karena di kategorikan sebagai penjahat / pelaku kriminal. Semenjak tahun 1724 gangguan kesehatan mental mulai dianggap sebagai sakit. Dilakukannya usaha untuk menolong para pasien sakit mental tetapi akhir abad itu dokter-dokter belum menemukan penyebab atau pencegahan, penyembuhan, atau perawatan yang efektif terhadap penyakit mental meskipun mereka telah mengklasifikasikan beribu-ribu macam kekalutan mental. Pada Tahun 1830 – 1860 di Inggris timbul optimisme dalam menangani pasien di rumah sakit jiwa dikarenakan berkembangnya teknik menangani orang sakit jiwa di rumah sakit jiwa.

Sakit mental dalam waktu ke waktu berbeda – beda dan terus berkembang serta berbeda pula dalam menangani individu yang terkena gangguan mental. Jika di Indian, orang yang mengalami gangguan mental dianggap tidak sakit dikarenakan kerasukan roh berbeda pula dengan yang di Inggris yang dianggap sebagai pelaku kriminal sehingga harus dimasukan ke penjara. Gangguan mental pernah dimaknai sebagai ketidak mampuan berpikir rasional. Di dunia medis beranggapan gangguan mental dianggap sakit dan berasal dari gangguan di otak.

Meskipun konsep kesehatan mental tidaklah jelas dan masih mengalami perkembangan tetapi ada standard yang mendasari bahwa seseorang bisa dikatakan sehat atau tidak. Dengan melalui pendekatan statistik, normatif, distres subjektif, peran / fungsional, dan pendekatan interpersonal.

Demikianlah isi blog saya kali ini semoga bermanfaat untuk kalian semua yang membaca tulisan saya kali ini.

Daftar pustaka:

  1. Rochman, Kholil Lur.2010.Kesehatan Mental.Yogyakarta.Fajar Media Press
  2. Semium, Yustinus.2006.Kesehatan Mental 2.Yogyakarta.Kanisius
  3. Siswanto.2007.kesehatan mental.Yogyakarta.Andi
0

Pengaruh Teknologi dalam Dunia Psikologi

davit sasmita Kamis, 29 Desember 2011

Mungkin kita tidak asing lagi dengan kata ‘ Teknologi ’. Seperti yang kita ketahui perkembangan IPTEK akhir – akhir ini berkembang dengan pesat. Teknologi mempengaruhi segala bidang baik itu bidang pendidikan, informasi dan lain – lain. Pengertian Teknologi itu sendiri adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan atau dapat pula diterjemahkan sebagai keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yg diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Ada juga yang mengatakan teknologi adalah perkembangan suatu media / alat yang dapat digunakan dengan lebih efisien guna memproses serta mengendalikan suatu masalah.

Sekarang saya akan membahas pengaruh teknologi dalam dunia psikologi. Teknologi pendidikan memegang peranan penting, setelah berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi.Pemanfaatan perkembangan akan kemajuan Teknologi informasi seperti komputer memberikan trobosan dalam dunia pendidikan. Tidak heran kalo kemajuan ini berdampak juga pada psikologi pendidikan dalam proses pembelajaran. Dalam http://www.cognitivetechnologyjournal.com/ menjelaskan bahwa teknologi kognitif memiliki misi. Misi tersebut menjelaskan bahwa sebagai wadah untuk menyediakan forum untuk menganalisis perkembangan ilmiah baru yang dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif atau daerah penelitian dan perkembangan yang berkisar dari persepsi, memori, pemahaman, pengambilan keputusan, pemecahan masalah, dan penalaran. Manfaat dari teknologi kognisi adalah berusaha menjadi seorang yang berwibawa dalam penelitian dan perkembangan yang dinamis menghadapi perimpangan kognisi dan teknologi.

Telah ada pertumbuhan Kognisi dan Teknologi yang luar biasa. Diantaranya :

1. Penelitian desain dan menguji alat bantu kognitif

2. Pengujian prosedur memori untuk meningkatkan mengingat atau penelitian pada pemecahan masalah, strategi yang meningkatkan generasi solusi

3. Penelitian kinerja manusia dan faktor manusianya

4. Penelitian baru dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan

5. Penelitian di model kognitif dan robotika kognitif

6. Pengujian sistem pemodelan dan stimulasi mendukung pembelajaran

7. Dll.

Untuk memahami secara lebih mendalam, dapat mempelajari dalam jurnal yang berjudul ‘ The Journal’s mission ‘ yang dapat diakses melalui http://tcp.sagepub.com/content/14/4/567.abstract

Semoga informasi tersebut bermafaat bagi para pembaca sekalian. Mohon maaf sebesar – besarnya jika ada salah kata atau kemiripan dalam pengetikan. sekian dan terima kasih.

Daftar pustaka :

http://www.cognitivetechnologyjournal.com/

http://tcp.sagepub.com/content/14/4/567.abstract

http://ajengfebriyanti27.blogspot.com/2011/12/pengaruh-teknologi-dalam-dunia.html

http://justseenthink.blogspot.com/2011/03/pengaruh-teknologi-informasi-dalam.html

0

Pengaruh Ilmu Psikologi Dalam Dunia Internet

davit sasmita Selasa, 29 November 2011
Mungkin kita sudah tidak asing lagi mendengar akan kata internet. Jaman sekarang mungkin bisa di sebut jamannya internet karena internet sudah mendunia dan dengan mudahnya didapat. Internet berperan penting dalam gaya hidup dunia modern terkini. Dengan ditemukan mesin pencari seperti Google dan di dunia bisnis atau ekonomi seperti e-commerce. Bahkan di dunia pendidikan pun sudah ada Virtual class yaitu sistem belajar via cyber. Internet sudah bukan lagi barang yang di pakai oleh orang tertentu saja tetapi hampir semua orang di seluruh dunia yang mengenal teknologi pasti akan menggunakan internet.

Semangkin berkembangnya jaman khususnya dalam dunia internet, ilmu – ilmu banyak diterapkan dalam penggunan internet. Khususnya ilmu psikologi. Internet dapat mempengaruhi aspek psikologi seseorang. Aspek – aspek tersebeut diantaranya adalah perkembangan kognitif, seksualitas, teknologi, dan pola interaksi antar manusia.

Ada sebuah link http://www.e-psikologi.com/epsi/default.asp di link ini kita diberikan kemudahan dalam bersosialisasi baik itu konseling, bertukar pikiran, dan mendapat wawasan tentang tulisan –tilisan yang ada hubungannya dengan ilmu psikologi. Sebelum kita bisa mengakses atau menggunakan web ini lebih dalam, terlebih dahulu kita disarankan untuk menjadi anggota member agar bisa masuk lebih dalam web ini.

Di web ini kita diberikan pilihan – pilihan kategori yang dapat kita pilih untuk kita pelajari sesuai dengan minat kita. Diantaranya ada kategori anak, pragnasi, lingkungan hidup, olahraga dan lain – lain. Semua bacaan – bacaan tersebut bermanfaat sekali untuk di pelajari karena bisa menambah wawasan kita.Terdapat juga test quest psikologi yang dapat menilai kepribadian kita.

Jadi pengaruh internet juga berdampak dalam ilmu psikologi contohnya dalam link http://www.e-psikologi.com/epsi/default.asp disini ilmu psikologi diterapkan cukup baik.

Saya harap kedepan nanti dapat lebih baik lagi dalam penerapan – penerapan unsur psikologi bisa diterapkan semua dalam organisasi dan IPTEK.

5

Menganalisa Karakteristik Seseorang Dari Dunia Maya

davit sasmita Senin, 31 Oktober 2011

Selamat datang di Blog saya. Disini saya akan menganalisis karakteristik seseorang berdasar cara mengekspresikan diri orang tersebut di dunia maya. Cara yang paling mudah dan paling awal untuk mengetahui karakteristik seseorang adalah berkenalan dengan orang tersebut. Namun dengan berjalannya waktu dan kemajuan dalam bidang IPTEK maka berkenalan dengan seseorang tidak hanya melalui face to face tetapi bisa juga dengan cara melalui jejaring sosial. Melalui profil picture, coment post, info dan teman dapat diketahui karakteristik seseorang. Akan tetapi tidak semua yang ada dalam dunia maya itu asli karakteristik orang tersebut karena bisa saja yang dibuat itu adalah profil palsu.Profil Picture

Profil Picture

Profil picture adalah gambaran atau foto diri seseorang yang empunya account tersebut. Biasanya gambar atau foto bisa mengekspresikan karakteristik orang tersebut. Sebagai contoh :

Dari profil picture diatas, penulis menyimpulkan orang tersebut menyukai akan kartun animasi Upin dan Ipin. Tetapi bisa saja orang tersebut tidak percaya diri sehingga beliau tidak ingin menunjukan wajah aslinya sehingga diisi dengan gambar Upin dan Ipin.

Info

Info adalah data – data pribadi seseorang yang menjelaskan biografi orang tersebut. Ada beberapa user memiliki info yang panjang dan ada yang pendek atau sedikit. Biasanya yang panjang adalah tipe yang menganggap privasi bukanlah hal yang penting. Sedangkan yang memiliki info yang pendek atau sedikit menganggap privasi adalah hal yang penting.

Contoh :


Dari info di atas, penulis dapat menyimpulkan bahwa beliau tipe yang menjaga privasinya karena beliau hanya memberikan info yang sedikit sekali dan kurang detail.

Status Posting

Bentuk nyata dari sebuah pikiran adalah ungkapan lisan maupun tulisan. Biasanya para user cenderung membuats status yang di post berdasarkan pristiwa yang sedang dialaminya. Kecenderungan tersebut untuk menuliskan apapun yang dirasakannya bisa dilakukan secara terus – menerus atau beruntun. Biasanya orang yang selalu mengnge-post status yang dialami sesering mungkin, bisa berarti orang tersebut memiliki banyak waktu luang. Kalo sebaliknya jika orang jarang menge-post status bisa dikatakan orang tersebut takut atas penilaian atau komentar dari teman – temannya, atau bisa juga orang tersebut menjaga privasinya.

Contoh :



Dari post di atas, penulis dapat menyimpulkan bahawa orang tersebut adalah tipe pemberani dikarenakan orang tersebut berani terhadap lawan jenisnya dan tipe yang tidak ingin kaumnya (wanita) diremehkan atau dipandang sebelah mata.

Demikianlah isi blog kali ini. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Mohon maaf jika ada kata - kata yang kurang berkenan do hati. Terima kasih.

0

INTERNET

davit sasmita Jumat, 30 September 2011
Mungkin kita sudah tidak asing lagi mendengar akan kata internet. Jaman sekarang mungkin bisa di sebut jamannya internet karena internet sudah mendunia dan dengan mudahnya didapat. Tapi tahu kah anda sejarah internet, maupun kelebihan dan kekurangannya? Oleh karena itu saya akan membahas tentang ‘Apa itu internet?’

Internet atau disingkat (Inter Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintah, komersial, organisasi, maupun perorangan.
Adapun yang mengatakan Internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Internet dijaga oleh perjanjian bi- atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board - IAB). Protokol-protokol Internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP,UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet,FTP, LDAP, dan SSL.
Layanan yang diberikan internet meliputi komunikasi langsung (email, chat), diskusi (usenet news, email, milis), sumber daya informasi yang terdistribusi (world wide web, gopher), remote login dan lalu lintas file (Telnet, ftp), dan sebagainya.

Di dunia internet indonesia memiliki etiket tertentu atau disebut dengan UU ITE. Terdapat kebimbangan masyarakat tentang Internet yang berpuncak pada beberapa bahan kontroversi di dalamnya. Pelanggaran hak cipta,pornografi, pencurian identitas, dan pernyataan kebencian (hate speech), adalah biasa dan sulit dijaga. Hingga tahun 2007, Indonesia masih belum memiliki Cyberlaw, padahal draft akademis RUU Cyberlaw sudah dibahas sejak tahun 2000 oleh Ditjen Postel dan Deperindag. UU yang masih ada kaitannya dengan teknologi informasi dan telekomunikasi adalah UU Telekomunikasi tahun 1999.

Internet berperan penting dalam gaya hidup dunia modern terkini. Dengan ditemukan mesin pencari seperti Google dan di dunia bisnis atau ekonomi seperti e-commerce. Bahkan di dunia pendidikan pun sudah ada Virtual class yaitu sistem belajar via cyber. Internet sudah bukan lagi barang yang di pakai oleh orang tertentu saja tetapi hampir semua orang di seluruh dunia yang mengenal teknologi pasti akan menggunakan internet.
Ada pula kekurangan internet diantaranya dengan adanya internet makan kebiasaan dengan berkumpul sanak keluarga di kampung halaman jadi tidak bisa namun mereka masi bisa berinteraksi dengan jarak jauh baik menggunakan email maupun fasilitas - fasilitas yang di berikan internet laennya.

Saya sebagai penulis berharap kedepan internet bisa lebih baik lagi dalam memberikan kemudahan – kemudahan dabn inovasi baru agar kehidupan dan kesejahteraan manusia dapat lebih baik dari yang sebelumnya.. Harapan saya seperti internet dapat memberikan inovasi dalam rasa dan perbaan. Karena indra manusia yang sudah dapat menikmati internet adalah mata, penciuman dan pendengaran. Contohnya apabila kita ingin mencari resep makanan kita dapat merasakan dan meraba bentuk makanan yang ingin kita masak sebelumnya via internet.

Daftar pustaka :

http://id.wikipedia.org/